Tentang Prodi Kesmas

  • Home
  • Tentang Prodi Kesmas
  • PROFIL SINGKAT PRODI

    Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sari Mutiara Indonesia berada di Jl. Kapten Muslim No. 79 Medan. Prodi ini merupakan salah satu institusi pendidikan tenaga kesehatan yang menghasilkan tenaga ahli dan terampil di bidang kesehatan masyarakat yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam melakukan pengelolaan upaya kesehatan masyarakat berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 230/D/O/2000 tanggal 31 Oktober 2000  dan 75/E/O/2013. Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sari Mutiara Indonesia juga merupakan lembaga pendidikan yang sudah berpengalaman karena sudah 19 tahun berdiri dan telah menghasilkan lulusan yang KOMPETEN, BERKARAKTER dan BERDAYA SAING GLOBAL.Kurikulum yang digunakan sudah berstandar nasional karena telah mengikuti kurikulum yang dikeluarkan oleh organisasi profesi yaitu Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI). Sejak tahun 2017, Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sari Mutiara Indonesia telah menyelenggarakan Ujian Kompetensi Nasional dengan rata-rata tingkat kelulusan lebih dari 70%. Pencapaian ini didukung oleh kelengkapan sarana dan prasarana seperti: ruang perkuliahan yang nyaman, perpustakaan yang lengkap, kerjasama dengan berbagai intansi yang mendukung pelaksanaan praktik lapangan, penerapan teknologi dalam proses pendidikan (KRS, KHS, Jadwal, Ujian, Penugasan). Sampai pada tahun 2018, Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Sari Mutiara Indonesia sudah memiliki lebih dari 50% dosen yang tersertifikasi nasional (sertifikasi dosen). Jumlah ini akan senantiasa ditingkatkan sampai mencapai angka 100% pada tahun 2023. Hal ini sesuai dengan rencana strategis Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Sari Mutiara Indonesia. 

     

    KOMPETENSI LULUSAN

    Lulusan Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Sari Mutiara Indonesia akan memiliki 8 kompetensi utama yang telah disesuaikan dengan kurikulum nasional dan telah berbasis KKNI, yaitu:

    1. Kemampuan untuk melakukan kajian dan analisa (Analysis and Assessment)
    2. Kemampuan untuk mengembangkan kebijakan dan prerencanaan program kesehatan (Policy development and program planning)
    3. Kemampuan untuk melakukan komunikasi (Communication skill)
    4. Ke mampuan untuk memahami budaya local (Cultural competency/local wisdom)
    5. Kemampuan untuk melakukan pemberdayaan masyarakat (Community dimensions of practice)
    6. Memahami dasar-dasar ilmu kesehatan masyarat (Basic public health sciences)
    7. Kemampuan untuk merencanakan dan mengelola sumber dana (Financial planning and management)
    8. Kemampuan untuk memimpin dan berfikir sistim (Leadership and systems thinking/total system)  

     

    BIDANG KERJA

    Lulusan yang dihasilkan Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Sari Mutiara Indonesia sudah bekerja di berbagai intansi/institusi seperti: Dinas Kesehatan, Puskesmas, Rumah Sakit Pemerintah /Swasta, Universitas (sebagai dosen), Perusahaan (Ahli K3), Lembaga Non Pemerintah (NGO) dan berbagai tempat lainnya.