• 130102062
  • 2017


  • Hubungan persepsi pasien tentang mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasannya terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang tahun 2017

Abstrak

ABSTRAK

 

 

Puskesmas adalah ujung tombak pelayanan kesehatan pemerintah yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh, terpadu, merata, dan terjangkau. Dimensi mutu pelayanan terdiri dari fisik, reliabilitas, interaksi personal, pemecahan masalah, dan kebijakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi pasien tentang mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasannya terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang Tahun 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei analitik deskriptif korelasi dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pasien yang telah memperoleh pelayanan kesehatan rawat jalan. Teknik pengambilan sampel accidental sampling. Pengumpulan data melalui wawancara dan menggunakan kuesioner. Dengan menggunakan uji chi square diperoleh nilai p=0,019 (p<0,05) yang menunjukkan ada hubungan persepsi pasien tentang mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasannya terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Saran dari penelitian ini yaitu bagi kepala Puskemas dan petugas kesehatan harus mempertahankan kualitas mutu pelayanan kesehatan berdasarkan persepsi fisik seperti kelengkapan dan perlengkapan peralatan medis, meningkatkan kebersihan Puskesmas dan dari segi persepsi kebijakan dapat berupa ketersediaan tempat parkir.

 

Kata kunci : Persepsi, Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien, Pelayanan Kesehatan