Nurcahaya
Abstrak
ABSTRAK
Mutupelayanankesehatanmerupakankesempurnansuatuprodukdalampelayanankesehatan yang dapatmemuaskansetiappemakaijasa.Kepuasanadalahungkapanperasaansenangataukecewaseseorangdarihasilperbandinganantaraprestasiatauproduk yang dirasakandengan yang diharapkannya.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuihubunganmutupelayanankesehatandengankepuasanpasienrawatjalan di RSUD H.SahudinKutacaneKabupaten Aceh Tenggara.Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalah survey analitikdenganpendekatancross sectional.Populasipadapenelitianiniadalahseluruhpasienrawatjalanyang berkunjungberobat di RSUD H.SahudinKutacanetahun 2016,denganjumlahsampel 100 responden.TeknikpengambilanSampeldilakukandenganAccidental Sampling.Pengumpulan data dilakukandenganwawancara.Ujistatistik yang digunakanadalahujiChi-SquaredanujialterrnatifyaituujiFisher Exact.Berdasarkandarihasilujistatistik di dapatkan p-value = 0.000 (p<0,05) makaadahubunganmutupelayanankesehatandengankepuasanpasienrawatjalan di RSUD H.SahudinKutacaneKabupaten Aceh Tenggara Tahun 2017. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwavariabelmutupelayanankesehatansebagianbesarrespondenmerasakandalamkategoricukup, baikdaridimensiTangible, Reliability, Responsiveness, Assurance,maupunEmpathy.Bagipihakrumahsakitdisarankandapatmeningkatkanmutupelayanankesehatan agar tercapainyakepuasanpasienketikakunjunganberobat.
Kata kunci :Mutupelayanankesehatan, Kepuasan